February 10, 2017

Wrought iron

"Mempercantik dan menambah rasa aman hunian tempat tinggal"

Besi tempa atau sebutan dalam bahasa Inggris “Wrought Iron” memiliki arti yang sama. Besi tempa adalah besi padat yang berbentuk persegi empat atau bulat dan jika ditempa maka akan menghasilkan tekstur dan bentuk yang diinginkan.

Proses penempaan besi biasa dilakukan dengan cara dipukul - pukul dengan palu (handmade) atau dengan mesin. Sebelumnya dibakar atau dipanasin sampai merah membara dan dibentuk sesuai dengan keinginan Penempa.

Pembuatan tekstur besi tempa yang dilakukan oleh tenaga manusia (handmade) umumnya lebih mahal dan memerlukan waktu proses lebih lama dibandingkan dengan yang banyak beredar sekarang ini yaitu dari mesin. Harga pembuatan besi tempa biasanya lebih mahal daripada besi biasa disebabkan proses pembuatan yang rumit dan pengecatan yang memakan waktu cukup lama.

Besi tempa dapat diaplikasikan untuk railing tangga, railing balkon, pintu head, teralis, pintu gerbang, pagar dan kanopi. Selain itu juga dapat digunakan untuk furnitur dan sesuai kebutuhan. Besi tempa dapat mempercantik dan menambah rasa aman hunian tempat tinggal.

Sekarang ini besi tempa cukup terkenal di Indonesia karena keunikan desain dan warnanya. Walaupun banyak perusahaan atau bengkel yang mengerjakan besi tempa dengan harga murah tetapi hanya beberapa perusahaan yang sanggup mengerjakan pekerjaan besi tempa dengan kualitas yang bagus walaupun harganya lebih tinggi. Penggunaan dengan desain yang tepat, pemilihan bahan yang bagus dan dikerjakan oleh seniman yang profesional adalah kunci utama untuk menghasilkan karya besi tempa berkualitas.

Sebaiknya sebelum memutuskan untuk memesan besi tempa, tinjau di pabrik dan proyek yang sedang dikerjakan perusahaan besi tempa tersebut. Pengerjaan besi tempa yang berkualitas akan menambah nilai dan kepuasan pelanggan.